Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Pengertian dan Perbedaan Dari Sel Prokariotik dan Eukariotik

Pengertian dan Perbedaan Dari Sel Prokariotik dan Eukariotik


Selamat datang di blog Bombaytrik! Artikel kali ini akan membahas tentang Pengertian dan Perbedaan Dari Sel Prokariotik danEukariotik yang harus diketahui khususnya bagi pelajar.

Apa Itu Sel?

Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil penyusun Mahluk Hidup. Definisi atau pengertian sel tadi agak sukar untuk dipahami. Agar lebih mudah, pengertian sel dapat kita sederhanakan menjadi satuan terkecil penyusun Mahluk Hidup.  


Menurut Campbell di bukunya yang berjudul biologi jilid 1 (edisi ke delapan). Sel berasal dari kata “cella ” (Yunani) yang berarti ruangan berukuran kecil. 

Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel, karena itulah sel dapat berfungsi atau bahkan hidup sendiri asalkan kebutuhannya terpenuhi.


Baca Juga: Biologi Sel (Pengertian, Struktur dan Fungsi Organel Sel)


1.Pengertian Sel Prokariotik dan Eukariotik



Pengertian Sel Prokariotik

perbedaan Dari Sel Prokariotik dan Eukariotik,pengertian sel prokariotik dan eukariotik, perbedaan sel prokariotik dan eukariotik, penjelasan tentang sel prokariotik dan eukariotik, sel prokariotik, sel eukariotik. 



Kata Prokariotik diambil dari bahasa Yunani pro dan karyon. Pro memiliki arti sebelum dan karyon yang memiliki artinya yakni inti sel. Jadi pengertian dari sel prokariotik ialah jenis sel yang memberan intinya tidak terdapat memberan nukleus atau selaput inti sel. Organism seperti ini digolongkan pada jenis kingdom monera seperti bakteri dan ganggang biru.



Pengertian Sel Eukariotik

 



Eukariotik ini juga berasal darai bahasa Yunani yak artinya eu dan karyon eu artinya sebenarnya dan karyon yang artinya inti sel. Jadi sel aukariot ialah sel yang memiliki memberan nukleus ( membera inti ). Memberan nukleus sendiri ialah lapisan yang berfungsi memisahkan inti sel dari sitoplasma yang mengelilinginya. Membran ini tersusun dari lipoprotein yang sama seperti membrane plasma, serta mempunyai pori-pori yang memungkinkan beberapa macam substansi dapat melintasinya, baik dari dalam nukleus ke sitoplasma maupun sebaliknya.






Jika berbicara masalah tentang perbedaan sel prokariotik dan eukariotik, perbedaan tersebut sudah nampak jelas dilihat dari segi pengertiannya dari kedua sel tersebut sudah nampak berbeda.



Adapun perbedaan yang paling utama yang terdapat pada sel prokariotik dan sel eukariotik itu terdapat pada inti sel. Sel prokariotik tidak mempunyai membran didalam inti sel, sebaliknya dengan sel eukariotik. Sel eukariotik mempunyai membran didalam inti sel. Perbedaan yang lain dari sel prokariotik dan sel eukariotik juga terdapat pada struktur dan juga fungsinya.



Struktur dan juga fungsi dari kedua jenis sel tersebut juga berbeda.Perbedaan tersebut dapat kita lihat dari :

  • Membran inti. Membran inti adalah perbedaan yang paling utama dari sel prokariotik dan juga sel eukariotik. Membran ini terdiri atas dua buah lapis lipid yaitu membran inti bagian luar dan juga membran inti bagian dalam.
  • Organela.Perbedaan dari sel eukariotik dan sel eukariotik yang lainnya dapat dilihat dari organela. Sel prokariotik tidak mempunyai organela sedangkan sel eukariotik mempunyai organela. 


Adapun beberapa Perbedaan Sel Prokariotik Dan Sel Eukariotik lainnya yaitu:

  • Prokariot tidak mempunyai inti sel ( nukleus ) yang sebenarnya seperti sel eukariotik. Inti sel pada prokariotik tercampur dalam sitoplasma.
  • Prokariotik mempunyai DNA yang lebih sederhana bila dibandingkan dengan DNA sel jenis eukariotik.
  • Prokariotik mempunyai kromosom tunggal sedangkan eukariotik memiliki lebih dari satu kromosom.
  • Prokariotik hanya mempunyai ekson dan tidak memiliki intron sedangkan eukariotik mempunyai keduanya.
  • Prokariot mempunyai operon yang tidak dimiliki eukariot.
  • Proses transkipsi dan translasi dapat terjadi secara simultan atau bersama-sama.
  • Proses transkipsi terjadi lebih sederhana dari eukariot.
  • Proses regulasi sintesis protein lebih sederhana dari eukariot.

Tags: perbedaan Dari Sel Prokariotik dan Eukariotik,pengertian sel prokariotik dan eukariotik, perbedaan sel prokariotik dan eukariotik, penjelasan tentang sel prokariotik dan eukariotik, sel prokariotik, sel eukariotik.
Open Comments