Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Cara Ampuh Memperbaiki Memori Card Yang Rusak Atau Tidak Terbaca

Cara Ampuh Memperbaiki Memori Card Yang Rusak Atau Tidak Terbaca

 

Memori card atau disebut juga memori eksternal digunakan untuk menyimpan data yang ada pada handphone, baik handphone yang berbasis Android, Symbian, atau OS lainnya.

Kartu SD yang rusak bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang bisa memnyebabkan rusak, misalnya seperti terendam air ataupun juga bagian kuning aluminium pada memori card yang rusak atau karat. Memori card sendiri digunakan sebagai media penyimpanan tambahan pada gadget android untuk menyimpan data berupa foto, video, dan juga bisa digunakan untuk dokumen.

Ukurannya yang relatif kecil, memori card memiliki penyimpanan data mulai dari 1 GB sampai dengan 64 GB. Kamu bisa memanfaatkan memori card untuk menyimpan data, jadi kamu tidak perlu menyimpan dokumen ke memori internal agar space penyimpanan data pada handphone anda tetap lega dan agar tidak lambat kinerja system android kamu.

Tetapi bagaimana bila kondisi memori internal kamu tidak terbaca saat membuka data pada memori card? Nah, pada kesempatan kali saya akan membagikan tips dan trik android mengenai cara ampuh mengatasi memori card yang rusak atau tidak terbaca, mari simak tips and triknya dibawah ini!



Cara Ampuh Memperbaiki Memori Card Yang Rusak Atau Tidak Terbaca


Cara Pertama: Memperbaiki Memori Card Yang Rusak Atau Tidak Terbaca
  • Keluarkan memori card pada handphone kamu, tetapi sebelum mengeluarkan memori card, kamu harus mematikan handphone android dulu.
  • pada bagian lempengan tembaga yang berwarna kuning gunakan penghapus untuk menggosok bagian lempengan tersebut untuk membersihkan secara perlahan.
  • Masukan kembali memori card pada hp android kesayangan kamu di slot memori.
Cara Kedua: Memperbaiki Memori Card Yang Rusak Atau Tidak Terbaca
  • Masuklah pada menu Settings >> Storage.
  • Pilihlah Erase SD Card, dengan menghapus memori tersebut anda akan membersihkan virus yang ada pada memori card.
Cara Ketiga: Memperbaiki Memori Card Yang Rusak Atau Tidak Terbaca
  • Kamu juga bisa menggunakan laptop atau komputer sebagai alat bantu untuk memperbaiki memori card yang tidak terbaca dengan menghubungkan hp anda ke komputer.
  • Cek bahwa memori anda terhubung dalam mode Mass Storage bukan pada mode Media Transfer.
  • Setelah itu anda buka bagian Windows Explorer, dengan klik kanan pada Drive kartu memori kamu, dan pilih properties >> Tools>>Error Checking, dan tunggu proses hingga selesai.
  • Keluarkan kartu kamu dengan mengrejectnya terlebih dahulu.
Cara Keempat: Memperbaiki Memori Card Yang Rusak Atau Tidak Terbaca
Apabila kartu kamu terbaca pada komputer namun tidak terbaca pada hp android anda, coba anda ikuti langkah di bawah ini.
  • Buatlah sebuah folder baru pada sembarang tempat, pindahkan semua data memori card pada folder tersebut.
  • Jika anda sudah memback up data memori card kamu, sekarang kamu bisa memformat memori tersebut.
  • Setelah itu kembalikan data pada kartu memori kamu.
  • Dan masukan kembali pada slot memori pada handphone kamu.

Informasi sekaligus tips and trik tentang Cara Ampuh Memperbaiki Memori Card Yang Rusak Atau Tidak Terbaca telah saya sampaikan dalam artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi semuanya. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk terus berkunjung ke blog yang satu ini di blog - BombayTrik.

Artikel terkait: Tips Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus dan Malware


Tags: cara Ampuh memperbaiki memori card yang rusak atau tidak terbaca, cara ampuh perbaiki kartu memori yang rusak, cara memperbaiki memori card tidak terbaca, tips cara memperbaiki kartu memori hp rusak, cara gampang mengatasi memori card tidak terbaca.
Open Comments