Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Penjelasan Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK Yang Paling Berbahaya Bagi Bangsa Indonesia

Penjelasan Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK Yang Paling Berbahaya Bagi Bangsa Indonesia

name="txt">

Teknologi kini berkembang dengan pesat, banyak negara yang berlomba-lomba menciptakan teknologi yang canggih. Hampir di seluruh dunia menggunakan teknologi untuk membantu aktivitas masing-masing, seperti di rumah, sekolah, dan berbagai tempat.

Ini penjelasan lengkap mengenai pengaruh negatif dari kejuan teknologi, Jelaskan Pengaruh Negatif Kemajuan IPTEK Yang Paling Berbahaya Bagi Bangsa Indonesia

Di indonesia ini, Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK) sangat banyak di aplikasikan dalam kehidupan beraktivitas. Dulu disekolah tidak banyak digunakan teknologi, tetapi kini semua hal dihubungkan dengan teknologi, seperti kini ujian semester berbasis online.

Pengaruh teknologi sendiri ada yang positif dan  ada juga yang negatif tentunya. Sangat banyak fungsi positif dari teknologi itu sendiri dan munculnya nilai-nila negatif dari teknologi itu sendiri apabila disalahgunakan.

Adanya kalanya Pengaruh negatif IPTEK bila disalahgunakan sangatlah berbahaya bagi kehidupan terutama bagi bangsa indonesia ini.

Pengaruh negatif kemajuan IPTEK yang paling berbahaya bagi bangsa indonesia contohnya kurangnya rasa untuk bersosialasi serta rusaknya moral seseorang di akibatkan oleh pengaruh negatif dari teknologi.

Berikut adalah pengaruh-pengaruh negatif kemajuan IPTEK bagi bangsa Indonesia:
1. Kurangnya rasa untuk bersosialisasi karena penggunaan teknologi yang membuat orang menjadi invidiual.
2. Hilangnya budaya yang membuat banyak orang menjadi menyukai budaya luar.
3. Munculnya pengangguran karena kualifikasi syarat pencari kerja yang tinggi.
4. Berkembangnya sikap konsumtif karena semua barang yang mau dibeli disediakan secara online.
5. Rusaknya  moral khususnya bagi remaja karena lebih fokus dengan perangkat teknologinya seperti gadget.

Dari kelima yang sudah disebutkan diatas, pengaruh negatif  dari kemajuan IPTEK yang paling berbahaya bagi bangsa Indonesia adalah rusaknya moral seseorang akibat penggunaan teknologi yang disalahgunakan seperti penggunaan gadget yang biasanya mempermudah dalam beraktivitas, tetapi bila disalahgunakan akan berakibat fatal., seperti kecanduan game online.

Efek negatif dari kecanduan game online adalah dapat membuat seseorang bisa masuk rumah sakit jiwa karena stress. Kini banyak kita temukan di berita tv maupun media online memberitahukan bahwa banyak orang terutama remaja yang stress akibat kecanduan game online, karena apabila seseorang sudah kecanduan game online itu amarahnya tidak dapat dikontrol dan hanya berfikiran bahwa dia sedang di dalam game tersebut.

Sebenarnya  IPTEK melahirkan inovasi tetapi IPTEK juga membuat jarak atau bahkan pembatas bagi orang - orang tertentu yang belum bisa menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK itu sendiri. Jika kita tidak menyikapi secara baik maka IPTEK bakal menjadi mala petaka bagi kita dan menimbulkan kerugian.

Sebagai pribadi yang selektif sudah seharusnya kita menyaring dan memilah - milah mana IPTEK yang tepat untuk bangsa ini dan mana yang perlu ditinggalkan. Itu semua dilakukan demi kemajuan bangsa dan untuk menghindari masalah - masalah baru. IPTEK yang bermanfaat perlu dihasilkan tanpa harus mengorbankan banyak pihak yang menjadi korban IPTEK itu sendiri. 

Hanya ini yang dapat saya sampaikan dalam artikel tentang pengaruh kemjuan IPTEK bagi bangsa Indonesia, semoga dapat bermanfaat bagi semuanya. Silahkan share artikel ini di media sosial agar sama-sam membantu memberikan hal-hal yang positi dari kemajuan IPTEK dan menyingkirkan hal-hal yang negatif.

Baca juga: 

Cara Membuat Tulisan Warna-warni di Status, Komentar dan Chat Facebook
Best Platform Fot Trading

Tags: 

jelaskan pengaruh negatif kemajuan iptek bagi bangsa indonesia.
Open Comments