Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Apa Itu Sistem Operasi Linux (Pengertian)

Apa Itu Sistem Operasi Linux (Pengertian)



pengertian linux, linux, unix, penemu linux, sejarah linux, tentang linux,definisi linux,pengertian linux,linux,unix, pengenalan linux.


Apa Itu Sistem Operasi Linux (Pengertian) – Assalamu'alaikum wr.wb! Selamat datang sobat di blog Bombaytrik! Lama tidak bertemu ya, dikarenakan kini sudah lama tidak update artikel-artikel terbaru karena ada sifat malas disekeliling mimin. Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel mengenai seputar Apa Itu Sistem Operasi Linux.

Pengertian Sistem Operasi Linux

Apa itu Linux? Linux adalah sistem operasi berbasis UNIX. Mengapa dikatakan berbasis UNIX? dikatakan bebasis UNIX karena Linux ini dikembangkan berdasarkan standar yang dimiliki UNIX, bisa dibilang LInux ini adalah turunan dari UNIX.

Pengertian Sistem dan Sejarah Operasi Linux

Linux ini diambil sendiri dari nama penciptanya yaitu Linus Trovalds, merupakan sosok yang ada di balik sistem oprasi ini. Linux ini diperkenalkan oleh beliau sekitar tahun 1991.

Linux merupakan sistem operasi yang bersifat multi user dan multi tasking. Artinya lebih dari satu user dapat masuk ke sistem Linux ini yang sama pada waktu yang sama dan aplikasi yang berbeda. Linux juga multi-tasking, artinya user dapat mengeksekusi lebih dari satu proses (program) pada waktu yang sama.

baca juga: Tips Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus dan Malware
Pengertian Sistem Operasi Linux

Linux sendiri menggunakan sebuah license yang bernama GNU General Public License (GNU/GPL). Apa itu GNU GPL? Singkatnya GNU General Public License memungkinkan suatu aplikasi ( termasuk sistem operasi ) secara bebas digunakan dan disebarluaskan dimana pengguna/penerima software berhak menerima kode asal ( source code) dari aplikasi tersebut beserta semua hak yang diijinkan oleh penulis asli.

Dengan adanya license GNU GPL ini, bukan berarti tidak memungkinkan adanya komersial, paling tidak biaya dapat ditarik dari biaya kopi media distribusi. Jasa layanan seperti dukungan teknis dapat merupakan produk komersial.


Nah, gimana? Anda sudah tahu kan apa itu linux dan siapa penciptanya! Mudah-mudahan artikel yang saya bahas mengenai Apa Itu Sistem Operasi Linux (Pengertian) bermanfaat bagi semuanya, khususnya bagi pecinta IT. Mimin mohon pamit dulu, mohon maaf bila ada kekurangan. Jangan lupa bantu blog ini berkembang dengan cara Share artikel ini kepada teman-teman kamu di Medsos atu lainnya. Wassalamu’alaikum wr.wb!

baca juga: 
-Pengertian Serta Definisi Komputer Menurut Para Ahli
-Cara Download Video Youtube di Android Tanpa Aplikasi
-Cara Ampuh Memperbaiki Memori Card Yang Rusak Atau Tidak Terbaca





Tags:
pengertian linux, linux, unix, penemu linux, sejarah linux, tentang linux,definisi linux,pengertian linux,linux,unix, pengenalan linux.
Open Comments